Senin, 27 Juli 2015

Mexican Bun aka Roti Boy



Masih ingat deh betapa fenomenalnya si Roti Boy ini, orang rela mengantri hanya untuk roti beraroma kopi ini. Tapi memang sih, roti boy ini enak banget, apalagi kalau dimakan hangat hangat. Ketika kita ke mall and mencium aroma kopi dari si roti boy ini, rasanya seperti di panggil panggil... ayo beli saya... hahahaha...
Ini percobaan ketiga saya membuat roti boy, sebenarnya tantangannya adalah membuat lapisan garing beraroma kopinya yang susah, topping yang saya buat selalu tipis kadang basah dan lengket, my sister yang penggemar roti boy pernah comment waktu liat penampakan roti boy buatan cicinya yang gak mirip sama sekali dengan yang dijual. katanya " ini sih bukan roti boy..." lalu dengan enteng sang cici menjawab " iya, ini roti girl hahahaha.... " 
Setelah trial ketiga akhirnya saya mendapatkan formula yang pas.
Yuuk yang mau bikin, ini resepnya :

Soft Bread (Roti Empuk)
Penulis : Bunda Fatmah Bahalwan

Bahan ;
Bahan A :
500 gr Terigu Protein Tinggi
100 gr Gula Pasir
25 gr Susu Bubuk
11 gr Ragi Instant
3 gr Bread Improver ( ngga pakai )

Bahan B :

3 btr kuning Telur
130 ml susu cair
100 ml Air Es

100 gr Mentega
1 st Garam

Cara membuat :

Campur bahan A, aduk rata. Lalu masukkan bahan B, air es dimasukkan terakhir, sambil diuleni sampai kalis. Hentikan penambahan air es apabila adonan sudah menyatu. Lalu uleni adonan sampai setengah kalis. Masukkan bahan C dan uleni sampai kalis dan elastis. Diamkan adonan dengan di tutup dengan kain atau plastik cling, kira kira 30 menit sampai adonan mengembang 2x lipat.

Setelah adonan mengembang, "tinju" bagian tengah adonan supaya kempes, lalu bagi-bagi adonan, beri isian  dan bulatkkan. Diamkan hingga mengembang kira kira 15 menit. Lalu panggang selama 15 menit dengan suhu 150 derajat. 

Resep roti diatas adalah resep yang biasa saya gunakan untuk membuat roti manis, bisa diisi dengan berbagai isian seperti cokelat, keju, selai strawberry, dll.

Untuk membuat roti boy, adonan roti diisi dengan salted butter yang sudah dibekukan sebelumnya. Setelah adonan diisi dan mengembang, barulah diberi topping. 


Topping Roti Boy :

50 gr unsalted butter
50 gr gula bubuk
50 gr telur, dikocok lepas
70 gr terigu
1 sdt kopi instant, larutkan dengan 1 sdt air panas

Cara membuat :
Kocok mentega dan gula sampai lembut, masukkan telur dan  larutan kopi dan kocok lagi sampai tercampur rata, kemudian masukkan terigu, kocok sampai rata, adonan akan seperti pasta yang lengket. Masukkan adonan ke pipping bag, lalu semprotkan seperti obat nyamuk diatas adonan roti. Setelah itu panggang roti selama 15 menit di suhu 150 derajat.

Selamat mencoba







0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...